PRAMUKA PENGGALANG SMP POMOSDA GELAR LATIHAN RUTIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN

      TANJUNGANOM, Nganjuk Jawa Timur – Ekskul Pramuka SMP POMOSDA menggelar latihan rutin yang dilaksanakan di Lapangan SMP POMOSDA Tanjunganom Nganjuk. (13/10/23).

   Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan Peserta Didik di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar Peserta Didik dapat mengembangkan kepribadian, minat, keterampilan dan kemampuannya diberbagai bidang diluar bidang akademik. Dengan demikian maka kegiatan pramuka di SMP POMOSDA dilaksanakan diluar jam belajar.

   Seperti yang disampaikan oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus depan (Ka Mabigus) SMP POMOSDA Kak Nuril Anwar, S.T secara terpisah bahwa Tujuan dari pelaksanaan Gerakan Pramuka, pertama, Pramuka bertujuan membentuk peserta didik untuk memiliki keterampilan dan membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin & respon respek.

   Kemudian juga menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani; Kedua, kepramukaan harus mampu membentuk peserta didik agar menjadi warga Negara Pacasilasis, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.

   Latihan Gerakan Pramuka di SMP POMOSDA diikuti oleh seluruh anggota Ekstrakurikuler Pramuka SMP POMOSDA dan langsung dibimbing oleh pembina Pramuka yang juga Guru SMP POMOSDA yaitu Kak Toha dan Kak Ima Nur laili

   Kak Toha mengatakan Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai Ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik. Diharapkan nilai-nilai dalam sikap dan keterampilan sebagai muatan Kurikulum 2013 dan muatan Pendidikan Kepramukaan dapat bersinergi secara koheren.

Kontributor : Kak Ikha Wahyu, S.T.