PELAKSANAAN SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR
DI SMP POMOSDA

  Pada tanggal 28 September 2024 para Ustad/Ustdzah SMP POMOSDA Tanjunganom serentak bersama-sama ikut berpartisipasi dalam kegiatan sulingjar ini, semua Ustad/Ustdzah SMP POMOSDA Tanjunganom yang sudah terdaftar di SDM pengelola data bisa login ke dasboard sulingjar. Pukul 09.00 WIB dengan dibuka oleh Nuril Anwar, S.T selaku Kepala SMP POMOSDA Tanjunganom memulai proses pengisian sulingjar di Ruang Guru, Kepala Sekolah memberikan penguatan di awal tentang pentingnya sulingjar ini untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan menekankan agar seluruh guru yang melaksanakan sulingjar dapat menyesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan.

  Apakah Sulingjar dan apa manfaatnya bagi sekolah?

  Survey Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah survei yang digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi kualitas lingkungan belajar di sekolah. Survei ini dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia sebagai bagian dari upaya untuk memetakan kondisi dan iklim belajar di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Manfaat Sulingjar bagi sekolah diantaranya sebagai bahan evaluasi kualitas lingkungan belajar, Sekolah dapat memahami kondisi lingkungan belajar mereka berdasarkan hasil survei, sehingga dapat diidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.

  Dasar penyusunan kebijakan ialah data dari survei ini dapat digunakan oleh pihak sekolah dan dinas pendidikan untuk merumuskan kebijakan atau program yang lebih tepat sasaran dalam meningkatkan mutu pendidikan. Perbaikan Iklim Belajar: 

 1.⁠ ⁠Survei ini dapat memberikan gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi iklim belajar, seperti hubungan antara siswa dan guru, fasilitas pendidikan, dan metode pembelajaran.

 2.⁠ ⁠Mendukung Pengembangan Sekolah: Hasil survei ini memberikan informasi yang berharga bagi sekolah untuk merencanakan pengembangan lebih lanjut, baik dari sisi sarana dan prasarana, manajemen, maupun interaksi sosial di dalam lingkungan sekolah.

 3.⁠ ⁠Partisipasi Aktif dari Berbagai Pihak: Melibatkan guru, siswa, dan tenaga kependidikan dalam survei ini juga mendorong keterlibatan seluruh elemen sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

  Selain itu, penyelenggaraan sulingjar juga bertujuan untuk mendapatkan gambaran kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan yang diikuti oleh pendidik, kepala satuan pendidikan, dan peserta didik. Kemudian data maupun hasil sulingjar akan dijadikan sebagai bagian dari data rapor pendidikan serta membantu sekolah dalam melakukan refleksi dan evaluasi terhadap proses belajar-mengajar serta mendukung tercapainya pendidikan yang lebih berkualitas.

 

  Pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar jenjang SMP sederajat dilaksanakan mulai tanggal 28 September 2024. Kemendikbudristek mengadakan sulingjar ini untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Sebagai salah satu instrument dalam Assesmen Nasional 2024, sulingjar dapat memotret aspek proses pembelajaran, praktik guru, kepemimpinan sekolah, iklim keamanan, dan iklim kebhinekaan di satuan pendidikan masing-masing.

  Pelaksanaan sulingjar ini berjalan dengan lancar. Seluruh  Ustad/Ustdzah SMP POMOSDA Tanjunganom ini dapat menyelesaikan semuanya dengan baik. Melalui pelaksanaan sulingjar ini diharapkan satuan pendidikan bisa mendapatkan potret/gambaran utuh kualitas pembelajaran yang nantinya akan menjadi basis data dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengalami praktik pembelajaran yang menyenangkan 

Oleh          : M. Ridwan

Korektor   : Susiana Rahmawati