Akreditasi 2022


SMP POMOSDA Tanjunganom Nganjuk, yang tahun 2022 ini melaksanakan akreditasi secara daring, telah melakukan berbagai persiapan. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam penilaian ini adalah dengan meng-upload dokumen IPR (lndikator Pemenuhan Relatif) dan Dokumen Sekolah yang diupload melalui menu DIA pada website: sispena.go.id


SMP POMOSDA merupakan institusi pendidikan yang tumbuh dan berkembang oleh dan dari masyarakat. SMP POMOSDA dipahami sebagai lembaga pendidikan islam yang mengedepankan pembelajaran life skill. Agar nantinya anak didik memiliki bekal yang mumpuni untuk kehidupan bermasyarakatnya kelak.

Kurun waktu yang dilaluinya, yakni 15 tahun, cukup membuktikan bahwa lembaga SMP POMOSDA telah mampu bertahan dengan karakternya sendiri, yakni sebagai lembaga pendidikan yang mengedepankan pembentukan karakter yang mandiri, berakhlak dan beradab, serta memiliki mental kuat yang dibentuk dari pengalaman yang berharga, kebiasaan yang baik, dan pemahaman yang tidak hanya konseptual tapi juga aplikatif yang diterapkan di kehidupan sehari-hari anak didik. Karakter itulah yang membedakan SMP POMOSDA dengan sekolah umum.

Setelah semua dokumen teruploud, maka pada hari Rabu-Kamis tanggal 31 Agustus-1 September 2022, dilaksanakan visitasi secara daring. Dua asesor yaitu lbu Siti Hamidah, S.Pd, M,Pd dari unsur pengawas Sidoarjo dan lbu Nur El Huda dari unsur DEPAG Pasuruan.

Penilaian dibagi dua hari, yaitu penilaian telaah dokumen dan wawancara kepada informan.
Adapun informan yang dihadirkan sesuai juknis adalah:

1 orang kepala madrasah
1 orang komite
2 orang wakil wali murid
1 Bp/Bk
5 orang guru
1 tata usaha
1 pustakawan
1 Kepala Lab
6 Siswa

Semua informan ini telah berhasil menjawab dengan baik semua pertanyaan dari asesor. Kegiatan visitasi itu begitu berkesan bagi kami seluruh asatidz dan staff SMP POMOSDA karena banyak pembelajaran yang kami dapat dari para pengawas dan para asesor. Kegiatan ini juga memberi dampak positif untuk ketertiban administrasi dan inovasi pembelajaran bagi seluruh pengajar.

Para Asesor juga mengaku sangat terkesan katika diajak visitasi keliling area sekolah oleh tim. Ada begitu banyak tanaman sayur yang ditanam secara vertikultur dan polibag yang kesemuanya tumbuh dengan subur, sehat dan rapi. Asesor juga banyak bertanya bagaimana cara bertanam secara sehat dan organik seperti yang kami lakukan itu? Karena hampir semua civitas POMOSDA juga menanam di daerah sekitar tempat tinggal, maka tim reporter menjawab dengan mudah bagaimana pola tanam yang dilakukan POMOSDA. Asesor juga terkesan dengan budidaya ikan yang dilakukan santri pada drum-drum dan kolam buatan yang ada.


Menyiapkan lingkungan sekolah tidak banyak kami lakukan, karena semua sudah tertata dengan baik setiap harinya. Ini telah menjadi kebiasaan. Kegiatan mandiri produktif santri adalah dengan bertanam, budidaya ikan, dan membersihkan kamar mandi serta lingkungan sekolah lainnya adalah menjadi kegiatan keseharian. Jadi tidak hanya dilakukan saat akan ada akreditasi saja.

Syukur tak terhingga karena akredirtasi kali ini SMP POMOSDA masih dipercaya mendapat nilai A. Hal itu karena kerjasama tim work yang bekerja secara kompak. Semoga akreditasi kali ini tidak hanya untuk pemenuhan kedinasan namun memiliki hikmah tersendiri bagi seluruh pengajar dan tenaga kependidikan yang ada di SMP POMOSDA. Semoga proses selanjutnya mampu mendobrak dan memiliki inovasi untuk berkembangnya karakter, mental, dan jiwa anak didik kita juga karakter pengajarnya. Semoga selalu mendapat syafaat dan keberkahan dari Rasulullah yang hingga detik ini tetap membimbing kita secara langsung. Aamiin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *