Semarak Akreditasi “Adik Bungsu” (SD POMOSDA)

Assalamualaikum Wr. Wb.. Salam sejahtera bagi kita semua..

Semarak Akreditasi masih melanda jajaran Manajemen dan pengurus Kampus Pomosda, kali ini si “Adik” bungsu kami, yakni SD Pomosda sedang melaksanakan proses akreditasi sama seperti “kakak” kami kemarin SMA Pomosda. Dalam suasana Ramadhan riuh semangatnya tak mau kalah dengan “kakak” nya, meskipun “adik bungsu” kami baru lahir satu tahun kemarin.

Perlu diketahui bahwa SD Pomosda merupakan organisasi pendidikan terbaru di Pomosda yang menyelenggarakan pendidikan tingkat dasar yang baru berdiri tahun 2018 dengan jumlah siswa angkatan pertama sebanyak 22 siswa dengan 12 tenaga kependidikan dan dikepalai oleh Ibu Khodijatul Fitri Anwariyah S.Sos.

Foto Ibu kepala sekolah (kanan) bersama tim asessor

Menurut Ibu kepala sekolah, momentum akreditasi ini dijadikan sebagai batu loncatan dan pembenahan kualitas dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat sekitar dengan mengkombinasikan kearifan lokal Pomosda dengan sistem pendidikan dari dinas, karena kita merupakan organisasi baru disini dan butuh sekali masukan dalam membangun SD Pomosda kedepannya.

Foto Kepsek SD Pomosda (kiri) bersama jajaran Ustadzah

Pada kesempatan Akreditasi pertama ini, SD Pomosda mendapat tim Asessor dari Kab. Kediri yakni Bpk. Abdul Aziz dan Ibu Sri Ismi dan ditemani beberapa anggota. kedatangan tim asessor disambut hangat di asrama pomosda dengan suguhan taman kemandirian pangan yang asri dan beberapa taman buah di sekitar kantor SD Pomosada yang membuat betah Tim Assesor. Acara pertama diawali dengan ramah tamah sembari beberpa jajaran manajemen SD mempersiapkan berkas Standar yang akan diujikan dan di sajikan.

Penyampaian berkas standart

Kegiatan akreditasi pun dimulai pada pukul 08.00 dengan diawali dengan pembacaan 8 berkas standart proses akreditasi oleh beberapa jajaran manajemen. Maklum baru berdiri dan pertama kali di uji Akreditasi rasanya bercampur sama grogi, senang dan semangat begitu kata salah satu Ustadzah. Setelah penyampaian berkas selesai dilanjut tahap wawancara dengan beberapa ustad/ustadzah mengenai pengelolaan adminstrasi dan dilanjut wawancara kepada beberapa siswa SD Pomosda menegnai proses kegiatan belajar mengajar.

Tahap wawancara bersama manajemen SD Pomosda
Wawancara bersama peserta didik SD Pomosda

Kegiatan pada sesi selanjutnya adalah survey lokasi fasilitas pendidikan sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar peserta didik yang dilakukan tim asessor bersama jajaran manajemen. adapun lokasi survey nya meliputi ruang kelas, perpustakaan, kantin, kamar mandi, taman dll.

Tim Asessor meninjau lokasi kantin
Survey lokasi kamar mandi

Beberapa jam kegiatan akreditasi, alhamdulillah jajaran manajemen SD Pomosda bisa bernafas lega dan menanti hasil dari penilaian asessor. sebagai bocoran isu penilaian bahwa SD Pomosda sudah bagus sekali namun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi karena SD Pomosda juga baru berdiri satu tahun dan butuh pengembangan lagi kedepannya.

Selepas acara prosesi akreditasi, Tim Asessor dihaturkan untuk pinarak ke pendopo ndalem Jatayu untuk sowan dan ramah tamah serta berpamitan kepada Bapak Kyai Tanjung selaku Pemimpin, Pengemong dan Pengasuh POMOSDA.

Doa Bersama Bapak Kyai Tanjung
Foto bersama Bapak Kyai Tanjung

Alhamdulillah… selamat buat “adik bungsu”.. salam hangat dari “kakak ke-3 mu”….

Tinggalkan Balasan