Workshop Melek IT SMP POMOSDA

I. Latar Belakang
Saat ini peserta didik diisi oleh generasi modern yang dinamakan Generasi Z yaitu generasi yang lahir setelah 1995. Generasi tersebut telah mengenal dunia digital sejak usia dini sehingga mereka sangat nyaman terhadap penggunaan teknologi digital. Hasilnya, Generasi Z menggunakan teknologi digital lebih sering daripada generasi-generasi sebelumnya. Generasi Z sering kali disebut sebagai “Digital Native”.

Manfaat positif teknologi digital dapat mempermudah proses pembelajaran dan menyosong persiapan abad 21 serba teknologi komputerisasi. Semua teknologi tersebut tidak terlepas dari dunia “IT”. Oleh karena itu, laboratorium Komputer SMP POMOSDA hadir sebagai solusi wadah kreatifitas, pelayanan dan pengembangan potensi ketrampilan santri.

II. Tujuan :
Adapun tujuan diadakannya kegiatan pelatihan komputer ini adalah :
1. Mendukung kegiatan belajar mengajar, terutama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh lembaga sekolah.
2. Menciptakan generasi-generasi digital yang berkualitaas dan kreatif sebagai bekal pemenuhan kompetensi untuk menyosong di era millineal.
3. Meningkatkan motivasi, kreatif dan inovasi dalam pembelajaran
4. Mengontrol dan monitoring penggunakan komputer diluar jam KBM dan Extra untuk pengembangan dari hasil pelatihan ini.

III. Bentuk Kegiatan :
Bentuk kegiatan berupa pelatihan komputer di luar materi kurikulum inti KBM, yaitu materi pengembang, inovatif dan upgradble untuk menyosang era mellinial abad 21. Pelatihan ini bertema “Satu GURU Satu Santri POMOSDA Inovasi (SAGUSAPIN)”, berinovasi dan kreatif dalam seminggu.

IV. Pelaksanaan Pelatihan:
Langkah-langkah pelaksanaan dilakukan melalui tahapan terdiri dari :

A. Tahapan Pelaksanaan
1. Peserta kelas VII, VIII, dan IX
2. Registrasi dan mentaati tata tertib
3. Durasi pelatihan 120 jam
4. Post Test

B. Tindakan Lanjut
1. Pada akhir masa pelatihan, peserta diharapkan menghasilkan karya ” Final Project”.
2. Keberhasilan peserta diukur berdasarkan hasil karya dan mendapatkan sertifikat sesuai dengan pelatihan yang diikuti.
3. Setelah pelatihan ini dilanjutkan kegiatan proses pembuatan karya dilaksanakan pada jam 15.00 – 16.30 setiap hari selama 6 hari
4. Dapat bimbingan dan konsultasi gratis setiap waktu

V. Jadwal Pelatihan dan Materi :

VI. Susunan Panitia :
Penanggung jawab : Kepala Sekolah SMP POMOSDA
Ketua Panitia : Kepala Lab.Komputer
Sekretaris : Dian Fernando Putra
Bendahara : Robiatul Adawiyah, ST., MM
Sie Publikasi : M. Ridwan
Sie Perlengkapan : Deva Rio Mahardika
Penyaji Materi : Eddij Soebagijo, ST
Assisten : Dian Fernando, Robiatul Adawiyah, ST., MM, M. Ridwan

VII. Anggaran Kegiatan :
Untuk penyelenggaraan anggaran kegiatan ini adalah kemandirikan diluar kegiatan KBM inti yang diketahui/dipersetujui oleh Kepala Sekolah, sebagai peserta biaya pengganti sertifikat dan kartu cetak bimbingan siswa serta perawatan komputer yang diambilkan dari kontribusi pendaftaran peserta

.

Catatan Penting :
Secara umum rental di warnet tarip Rp.3.000,-/jam (tidak jelas penggunakaannya, rata-rata minimal penggunaan 3-4 jam dan sering menggunakan medsos facebook, youtube tidak terkontrol konten dan banyak mudhorot nya)

VIII. Penutup
Anak generasi now merupakan generasi “digital native”, yaitu mereka yang sudah mengenal media elektronika dan digital sejak lahir. Maka media digital adalah teknologi yang bak pisau bermata dua. Apabila salah digunakan, bisa mencelakai penggunanya. Semakin canggih perangkat dan media digital yang digunakan, semakin tajam pisaunya

Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami, Bapak/Ibu/Wali Santri bisa bekerjasama dalam meningkatkan kualitas Pendidikan berbasis Komputer agar dapat menjadi “Generasi Al-Arif Billah, Generasi Yang Cakap Dan Terampil Dalam Spiritual, Sains Dan Teknologi Sebagai Sumber Daya Baldatun Thoyibatun Wa Rabbun Ghafur” dalam penguasa era digital mellinial.

Semoga kegiatan ini mendapatkan beberan berkah sawab GURU. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu/Wali Santri kami ucapakan banyak terima kasih.

Tanjunganom, 28 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                         Sekretaris,

 

Bambang Wahyu HD,S.E                                  Dian Fernando,S.T

Tinggalkan Balasan