Program Pendidikan

Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kompetensi merupakan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.

Kurikulum Berbasis Kompetensi adalah kurikulum yang  mengkondisikan setiap peserta didik agar memiliki  pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sehingga proses penyampaiannya harus bersifat kontekstual dengan mempertimbangkan faktor kemampuan, lingkungan, sumber daya, norma, integrasi dan aplikasi berbagai kecakapan kinerja.

Belajar merupakan proses membangun pemahaman / pemaknaan terhadap informasi dan atau pengalaman siswa. Kegiatan Belajar Mengajar adalah kegiatan; Mengembangkan potensi siswa; Membudayakan dan Memberdayakan; Berpusat pada siswa; Membentuk watak atau karakter; Mendorong siswa untuk belajar. Empat (4) pilar kegiatan belajar mengajar: Learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together.

Kurikulum dan Program kegiatan belajar SMP POMOSDA dilaksanakan selama tiga (3) tahun; dengan kesatuan sistem kepondokan dan sistem sekolah (sisdiknas). Melalui 3 bentuk program kegiatan belajar yang terintregasi, yaitu; program kepondokan, program reguler dan program vakasional skill.

Program Kepondokan;

Yang dimaksud dengan Program Kepondokan adalah program kegiatan belajar bagi peserta didik/santri dengan sasaran kompetensi sebagai berikut:

  • Kemampuan memahami dan mengamalkan kaidah-kaidah agama dengan kurikulum berbasis agama Islam, untuk mewujudkan manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial.
  • Kemampuan berkomunikasi dalam berhubungan dengan sesama khususnya menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab serta bahasa Jawa aktif.

Program Kelas Reguler

Kelas regular yang dimaksud adalah program pembelajaran dengan ketentuan sesuai dengan Undang-Undang No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan seluruh derevasinya untuk jenjang pendidikan dasar khususnya sekolah menegah pertama. Dengan tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat lingkungan sekitar. Dengan pendekatan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP – Permen 22, 23 & 24 2006).

Program Vokasional Skill

Merupakan program pembelajaran yang bersifat pilihan, guna membekali peserta didik/santri dalam mengembangkan diri sesuai dengan bakat dan keahlian, dengan pilihan program sebagai berikut:

  • Program Operator Office of Window.
  • Program elektronika
  • Ketrampilan menjahit
  • Tata rias dan tata busana
  • Tata boga
  • Kerajinan tangan/hasta karya


Strutur kurikulum SMP POMOSDA secara keseluruhan sebagai berikut :

Komponen Alokasi Waktu
Klas VII Klas VIII Klas IX
A.   Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama 2 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2
3. Bahasa  Indonesia 4 4 4
4. Bahasa Inggris 4 4 4
5. Matematika 4 4 4
6. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4
8. Seni Budaya 2 2 2
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2
Sub total 30 30 30
B.   Muatan Lokal
1. Ke-Lil Muqorrobien-an / KLM (Tauhid) 2 2 2
2. Kitab Salafy (Akhlaq, Fiqih dan Tasawuf) 2 2 2
3. Bahasa Inggris 2 2 2
4. Bahasa Arab 2 2 2
5. Bahasa Jawa 2 2 2
Sub total 10 10 10
C.   Ketrampilan (Vocasional Skill) *)
1)      Program Operator Office of Window 2
2)      Program elektronika 2
3)      Ketrampilan menjahit 2
4)      Tata rias dan tata busana 2
5)      Tata boga 2
6)      Kerajinan tangan/hasta karya 2
Sub total 4 4 4
D.   Pengembangan Diri *)
1. Muhadhoroh 2
2. Pramuka 2
3. KIR 2
4. Klub Mata Pelajaran 2
5. Klub Kegiatan Ekstra 2
Sub total 4 4 4
Total  jam-pel per minggu 48 48 48

 

Catatan : *) ·  setara dengan 2 jam pelajaran.

·  merupakan pilihan masing-masing anak tidak lebih dari 2 mata pelajaran dan 2 kegiatan ekstra kurikuler per minggu.


Alokasi Jam pelajaran

 

No JAM PELAJARAN
1 07.00 07.40 I
2 07.40 08.20 II
3 08.20 09.00 III
4 09.00 09.20 Istirahat
5 09.20 10.00 IV
6 10.00 10.40 V
7 10.40 11.00 Istirahat
8 11.00 11.40 VI
9 11.40 12.20 VII
10 12..20 14.00 Ishoma
11 14.00 14.40 VII

 

 

Peserta Didik

Sumber peserta didik utama bagi SMP POMOSDA ini lulusan SD/MI dari anggota (warga) Gerakan Jamaah Lil Muqorrobien (GERJALIBIN), yang berada dalam naungan PONDOK SUFI, yang Cabang dan Rantingnya hampir merata di seluruh tanah air (diharapkan mencapai 80 %).

Sedang sumber peserta didik lainnya (20 %) bagi SMP POMOSDA ini adalah lulusan SD/MI dari SD/MI yang berada di lingkungan sekitar Kecamatan Tanjunganom Nganjuk.