Ujian Nasional sebagai Wahana Pembelajaran

Ujian nasional UntuIMG_9027k jenjang SMP yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang Merupakan Proses pembelajaran yang luarbiasa. Setiap lembaga pendidikan, dewan guru dan para siswa kelas IX merupakan pelaku utama dalam ujian ini. Semua pihak akan mendapatkan pembelajaran dari ujian nasional. Ujian nasional ini hampir ditiadakan karena berbagai alasan , salah satunya ialah ujian nasional dirasa menimbulkan ketertekanan pada siswa hingga menjadikan siswa stress. Namun perlu di  syukuri UN masih diselenggarakan pemerintah.

            Ujian nasional membawa kesan tersendiri bagi semua lembaga pendidikan yang menyelenggarakannya, mereka akan diuji untuk mampu menyelenggarakan ujian nasional yang baik,aman,nyaman,penuh tanggung jawab serta mampu memancarkan kepercayaan diri kepada siswa untuk mengerjakan ujian dengan kejujuran. Semua bagian akan ikut andil dalam kegiatan ini mulai dari manajemen sekolah sampai tukang kebun. Ketika ujian berlangsung kesiapan dari para panitia UN khususnya bagian administrasi menyiapkan kelengkapan peserta ujian, pengawas, dan panitia dengan detail dan rapi. Kelancaran ujian nasional juga didukung denga sarana dan prasarana yang memadai seperti ruangan kelas yang nyaman, jumlah bangku, serta sound sistem yang baik jika di perlukan. Lingkungan sekolah yang bersih dan rapi juga memberikan kesan percayadiri pada sekolah dalam menyelenggarakan ujian nasional.

Guru yang senantiasa membimbing Dan mendidik setiap hari juga mendapatkan pembelajaran berharga dari UN. Motivasi yang disampaikan beliau seperti minyak yang akan mengobarkan api semangat para siswa dalam menempuh ujian nasional. Kesabaran dan kerja keras dalam mendampingi siswa belajar, menghargai pendapat siswa dan senantiasa berkomitmen merupakan penyaluran karakter dari guru ke siswa yang akan mereka ingat melebihi materi pelajaran.

Para siswa belajar dan berusaha dengan keras untuk memahami materi pelajaran. Menyimak, mendengarkan,mengerjakan tugas, dan menghargai guru di kelas senantiasa mereka lakukan demi pembelajaran yang akan jadi bekal di masa depan. Kadang ketakutan akan kegagalan menjadi bayangan bagi mereka. Namun dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang dipancarkan oleh semua pihak(manajemen,guru dan teman) menjadikan mereka percaya diri dalam menghadapi UN. Ujian ini bukan hanya menjadikan mereka lulus di jenjang pendidikannya namun momen ujian ini merupakan proses pembelajaran. Belajar untuk kerja keras, berusaha, bertanggungjawa, percaya diri, kebersamaan dan masih banyak lagi.

Kini ujian nasional benar adanya. Ujian yang akan dilaksanakan merupakan wahana untuk belajar. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh semua pihak.  Tak usah takut dengan ujian nasional karena denga ujian nasional kita belajar. Ujian nasional hanyalah sebuah proses belajar yang harus dijalani. Jika ujian tersebut telah dilaksanakan maka Kecerdasan akan kita dapatkan. Mari kita laksanakan ujian nasional ini sebagai wahana belajar dan proses untuk memperbaiki diri. Selamat menyongsong ujian nasional. (red. EFINA)

Leave a Reply